Nilai Mutlak (Definisinya dulu)

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuhu. Selamat malam pemirsa (beneran tulisan ini saya tulis jam 00:51 WITA). Kebetulan nih lagi di Balikpapan nih, makanya tulisannya WITA. Its okay lah ya. Tapi, apa hubungannya Balikpapan ma tulisan yang ini? Gini nih, kemarin (udah agak lama sih) ada anak kuliahan tanya. “Pak” -sudah dua tahun saya g buka blog ini, dulu dipanggil mas sekarang dipanggil Pak, yaa maklum udah punya anak satu- “nilai mutlak itu sebenarnya fungsi atau bukan sih”? Naah… looh masak lulusan matematika kampus negeri pula g bisa jawab. Mikir agak lama (g lama juga sih wong g sampe 10 menit) akhirnya ketemu buktinya.

Eh, tapi ni cerita mau saya bagi jadi beberapa bagian. Sekarang jatah kenalan sama nilai mutlak dulu yak… Buat anak SMA (sekolah menengah atas) ke atas pasti tahu lah kalau \mid -5 \mid = 5 dan \mid 5 \mid = 5 . Gitu kan yak pelajaran kita pas jaman SD dulu. Sebenernya, nilai mutlak itu definisinya gini nih

\mid x \mid =\begin{cases}x, & x \ge 0,\\-x & x < 0.\end{cases} .

Dengan x merupakan bilangan real. Boleh g ya nilai mutlak untuk complement real? haha… .Bingung g baca definisi di atas? Beneran, ane pas SMA sampe kuliah awal S1 dulu bingung gimaan cara baca definisi itu.

Masudnya gimana siiih, akhirnya ane g peduli sama definisi di atas dan ane cuma peduliin kalau nemu bilangan yang dimutlakkan maka harus jadi positif.

Tapi sekarang udah paham dong… malu sama adek tingkat. Ternyata cara baca definisi nilai mutlak itu guampaang banget. Gini nih tak ajari (astaghfirullah ane sombong). Setiap kita punya bilangan real pasti nilainya positif, negatif, atau nol. Aturan pertama, kalau bilangan yang kita miliki nilainya nol atau positif (dimutlakkan), yaudah tulis aja bilangan itu apa adanya. Tapiiii kalau bilangan itu bernilai negatif (dimutlakkan), kita harus meletakkan tanda negatif di depan bilangan tersebut (aturan kedua). Langsung ke contoh aja yak.

\mid 5 \mid = 5

Coba lihat definisi nilai mutlak, karena 5 \ge 0 maka kita harus pakai aturan pertama nilai mutlak sehingga diperoleh \mid 5 \mid = 5. Yang ini sih gampang, pasti semua udah bisa. Sekarang ganti ke bilangan negatif.

\mid -5 \mid = -(-5) = 5

Nah ini nih yang sering bikin bingung. Kita lihat lagi definisi nilai mutlak. Karena -5 < 0, maka kita harus memakai aturan kedua nilai mutlak, yaitu bilangan \mid -5 \mid = -(-5) . Kita buat contoh satu lagi.

Berapakah nilai dari \mid -\sqrt{2} \mid?

Soal yang baru kita buat ini gampang loh, kita bahas nih ya… . Kita mulai dari mencari tahu -\sqrt{2} dan 0 itu lebih besar yang mana? Oooo.. ternyata -\sqrt{2} <0, jadi kita harus pakai aturan kedua. Diperoleh

\mid -\sqrt{2} \mid = -(-\sqrt{2}) = \sqrt{2}.

Segitu dulu yak pemirsa, jika Anda tertarik untuk berdiskusi atau ada hal matematis yang ingin dibahas, silakan kirim pendapat Anda ke oshizihso@asia.com. Tapi kl email tidak kunjung dibalas, silakan kirim pesan ke nomor WA saya pemirsa. Nomor WA saya, ada di halaman Contact Us.

2 comments

Leave a comment